Pembuatan Video Game

Dalam proses pembuatan video game banyak sekali tim atau departemen yang terlibat. Salah satunya adalah Game Designer.Sesuai dengan namanya, seorang Game Designer merupakan seseorang yang bertugas untuk merancang sebuah konsep dari video games atau permainan baik di smartphone, konsol, website atau komputer.

Seorang desainer game secara kasar akan menuliskan konsep atau draf dari video game yang ingin diciptakan mulai dari plot sampai tingkat kesulitannya. Seorang Game Designer lebih fokus terhadap desain dari game itu sendiri dan akan bekerjasama dengan tim lainnya untuk mengeksekusi game serta melakukan pengujian kepada user.


Game Scenario
Ada beberapa alasan orang menyukai sebuah game salah satunya adalah cerita dari game tersebut. Scenario mengatur jalannya permainan seperti cerita dan syarat menang. Scenario merupakan hal dasar dalam pembuatan game. Tanpa adanya scenario, game tersebut akan menjadi membosankan yang tidak ada ujungnya.

Call of Duty MW series bisa dibilang memiliki scenario yang bagus karena ceritanya dinikmati banyak pemain dan syarat menangnya juga jelas. Game tersebut memakai beberapa stage untuk beralih ke scenario selanjutnya, berbeda dengan game zaman sekarang yang memakai openworld sebagai scenarionya.


Game Script
Cerita dari sebuah game merupakan hal yang penting dalam membuat game yang bagus, tapi jika tidak ada dialog yang berlangsung maka sama saja seperti pertunjukan pantonim. Script diperlukan untuk menambah dialog pada cerita yang ingin dibuat pemain dapat melihat dengan jelas jalan ceritanya.

Para pengembang juga bisa membuat pemain memilih apa yang akan dikatakan oleh karakter pemain agar pemain dapat berinteraksi langsung dengan NPC, contohnya game The Elder Scroll Series dan Fallout series. Game tersebut memungkinkan para pemain mengatur alur cerita dari gamenya dengan memilih pilihan kata yang ditampilkan. Setiap pilihan akan mempengaruhi alur cerita dari gamenya seperti apakah karakternya menjadi pahlawan atau penjahat, apakah kota akan dihancurkan atau diselamatkan, atau apakah karakter tersebut mati atau hidup.


Storyboard
Storyboard yang bagus akan menjadi fondasi dari game yang akan dibuat. hal itu harus diperhatikan terlebih dahulu sebelum membuat hal-hal yang lain. Game yang memiliki storyboard yang jelek akan menjadi jelek meskipun grafiknya bagus

Storyboard dapat memberi para pengembang gambaran visual yang lebih baik, yang sangat berguna saat membangun game dengan banyak langkah atau dengan fokus pada presentasi visual tertentu. Membuat storyboard merupakan cara yang sangat cepat untuk mendapatkan perspektif tentang seperti apa game itu sebelum diproduksi atau bahkan sebelum prototipe game diuji. Melalui storyboard para pengembang juga melihat di mana ada celah dalam aksi gameplaynya, kemajuan pencarian, atau cerita tertentu dan dengan mudah memperbaiki atau menambah kedalaman ceritanya yang tentu saja akan diterjemahkan menjadi pengalaman yang lebih kaya untuk para pemain.

Sumber 
https://electronics.howstuffworks.com/making-a-video-game1.htm
https://gamescrye.com/blog/how-to-storyboard-your-game/
https://www.whatgamesare.com/scenario.html
https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-game-designer/#.XryUK2gzZPZ











Komentar

Postingan Populer