Game Engine

Apa Itu Game Engine?

Game Engine adalah sebuah software yang menyediakan para pengembang game alat-alat untuk membuat game dengan efektif dan efesien. Sebuah game engine dapat digunakan untuk membuat lebih dari satu permainan, dan pengembang permainan dapat mengoptimisasi proses pengembangan dengan cara menggunakan atau mengadaptasi game engine yang telah ada sebelumnya. Penggunaan game engine yang tepat akan mempermudah dan mempercepat proses produksi. Maka akan bijaksana jika kita memilih dan menggunakan game engine yang tepat menyesuaikan skala game yang kita buat. Setiap game engine juga memiliki kompleksitasnya masing-masing, perlu juga kita pertimbangkan apakah semua fitur yang disediakan di dalamnya akan kita pakai semua atau tidak.

Unity 3D

Unity adalah salah satu game engine yang populer saat ini dan digunakan para developer di seluruh dunia. Unity memiliki banyak kelebihan yaitu visual interface yang bagus, dapat dikembangkan secara cross platform, dan kontibusi yang aktif di komunitas.

Fitur-Fitur Editor yang Penting di Unity 3D

2D and 3D mode settings
Dengan fitur ini, para pengembang game dapat membuat model 2D dan 3D

Preferences
Digunakan untuk mengubah tingkah laku dari Unity Editor

Presets
Digunakan untuk menggunakan ulang pengaturan properti di berbagai komponen dan aset

Shortcuts Manager
Digunakan untuk melihat dan mengatur berbagai pintasan keyboard di Unity

Build Settings
Digunakan untuk mengatur platform sebelum memulai proses build

Project Settings
Mengatur berbagai di project seperti audio, Editor, Graphics, Input, Physics, Physics 2D, Player, Presets Manager, Quality, Script Execution Order, Tags and layers, Text Mesh Pro, Time, VFX

Sumber

Komentar

Postingan Populer