Tugas Softskill


A. Arsitektur Web

1.   Definisi arsitektur web 

Image result for architecture web

Arsitektur web adalah konsep struktur dari WWW (World Wide Web).  WWW atau internet adalah media yang memungkinkan komunikasi antara sesama pengguna dan interaksi teknis  antara berbagai sistem dan subsistem. Ini dapat direalisasikan dengan komponen dan format data yang berbeda, yang biasanya disusun dalam tingkatan-tingkatan yang berbeda. Secara keseluruhan, komponen dan format data membentuk infrastruktur internet, yang dimungkinkan oleh tiga komponen inti  yaitu: protokol transmisi data (TCP / IP, HTTP, HTTPS), format representasi (HTML, CSS, XML), dan pengalamatan standar(URI, URL ). Istilah arsitektur web harus dibedakan dari istilah arsitektur situs web dan arsitektur informasi.

2.   Tipe tipe arsitektur web

a.   Client server model

Image result for client server

Dalam model klien/server, sebuah aplikasi dibagi menjadi dua bagian yang terpisah, tetapi masih merupakan sebuah kesatuan yakni komponen klien dan komponen server. Komponen klien juga sering disebut sebagai front-end, sementara komponen server disebut sebagai back-end. Komponen klien dari aplikasi tersebut dijalankan dalam sebuah workstation dan menerima masukan data dari pengguna. Komponen klien tersebut akan menyiapkan data yang dimasukkan oleh pengguna dengan menggunakan teknologi pemrosesan tertentu dan mengirimkannya kepada komponen server yang dijalankan di atas mesin server, umumnya dalam bentuk request terhadap beberapa layanan yang dimiliki oleh server. Komponen server akan menerima request dari klien, dan langsung memprosesnya dan mengembalikan hasil pemrosesan tersebut kepada klien. Klien pun menerima informasi hasil pemrosesan data yang dilakukan server dan menampilkannya kepada pengguna, dengan menggunakan aplikasi yang berinteraksi dengan pengguna.

b.   Three tier model (model 3 tingkatan)

Image result for three tier web architecture

Model three-tier atau multi-tier dikembangkan untuk menjawab keterbatasan pada arsitektur client/server. Dalam model ini, pemrosesan disebarkan di dalam tiga lapisan atau lebih jika diterapkan arsitektur multi tier. Lapisan ketiga dalam arsitektur ini masing-masing menjumlahkan fungsionalitas khusus. Yaitu :  layanan presentasi tingkat client, layanan bisnis  tingkat menengah, dan layanan data tingkat sumber data.

Ada beberapa bahasa pemrograman dan framework yang dapat menerapkan model 3 tingkatan yaitu:

·         PHP
·         CGI
·         JSP
·         ASP.NET
·         AJAX
·         Microsoft Silverlight
·         JSON
·         JavaScript

c.    Server Oriented Architectures (SOA)

Image result for SOA

SOA (service oriented architecture, arsitektur berorientasi layanan) adalah suatu gaya arsitektur sistem yang membuat dan menggunakan proses bisnis dalam bentuk paket layanan sepanjang siklus hidupnya. SOA juga mendefinisikan dan menentukan arsitektur teknologi informasi (TI) yang dapat menunjang berbagai aplikasi untuk saling bertukar data dan berpartisipasi dalam proses bisnis. Fungsi-fungsi ini tidak terikat dengan sistem operasi dan bahasa pemrograman yang mendasari aplikasi-aplikasi tersebut.

SOA membagi fungsi-fungsi menjadi unit-unit yang berbeda (layanan), yang dapat didistribusikan melalui suatu jaringan dan dikombinasikan serta digunakan ulang untuk membentuk aplikasi bisnis. Layanan-layanan ini saling berkomunikasi dengan mempertukarkan data antar mereka atau dengan mengkoordinasikan aktivitas antara dua atau lebih layanan. Konsep SOA sering dianggap didasari atau berkembang dari konsep-konsep yang lebih lama dari komputasi terdistribusi dan pemrograman modular.

B. Pengelolaan web

Image result for web

Cara mengelola website cukup mudah dibanding dengan pembuatan sebuah website dari awal. Adapun cara – cara untuk mengelola website diantaranya:

1. Konsisten

Related image

Hal yang paling penting dari pengelolaan website yakni konsisten. Konsisten dengan apa yang sudah kita rancang dari awal. Mengenai postingan yang harus kita muat di website harus konsisten yang masih tetap dalam tema website. Hal ini bermaksut untuk menarik minat pengguna kita, jika kita selalu update dengan apa yang kita tawarkan, maka pengguna akan dipastikan selalu memantau website kita. Hal ini membuat rating website kita bagus dan bisa sangat menguntungkan untuk pemilik website.

2. Konten

Image result for content

Jika Anda ingin website Anda kebanjiran pengujung, jangan pernah lupakan poin ke 2 ini karena konten atau artikel yang ada pada web Anda yang sangat berpengaruh untuk meningkatkan pengunjung web Anda. Pastikan untuk membuat konten yang bermanfaat untuk banyak orang dan sesuai dengan niche website Anda.

3. Iklan

Image result for advertisement

Bagi website yang sudah memliki rating yang bagus, akan mendapatkan penawaran iklan dari berbagai pihak. Akan tetapi kita sebagai pemilim harus bisa meletakkan iklan diwebsite kita diluar kolom posting. Ini bertujuan agar pengguna website kita tidak terganggu oleh iklan yang berada di website kita.

4. Perbaikan dan keamanan

Related image

Selalu lakukan perbaikan dari website kita. Bisa dengan mengganti tampilan website kita atau menambahkan fitur baru. Manfaatnya sebagai daya tarik pengguna internet untuk mengunjungi website yang sedang kita bangun. Selain itu juga dengan keamanan website kita. Agar website yang sedang kita kelola terhindar dari tangan jahil yang tidak bertanggung jawab yang disebut dengan Hacker. Keaman ini sangat penting, mengingat banyak hal yang harus kita jaga, apabila keamanan dari website kita kurang bagus, makan tangan-tangan jahil akan dengan mudah masuk ke sistem website kita.

C.  Web content

Image result for web content

Web content mengacu kepada visual , tekstual dan aural konten yang di terbitkan ke suatu website. Konten web adalah kunci dibalik kesuksesan suatu web. Ada 2 jenis konten web yaitu:

1.   Text

Image result for text

Teks merupakan sesuatu yang simpel . teks dimasukan ke halaman web sebagai konten. Penulisan konten terbaik adalah keunikan tekstual konten web yang bebas dari  plagiat

2.   Multimedia


Image result for multimedia

Multimedia mengacu kepada konten yang bukan teks seperti:

·         Animasi
·         Gambar
·         Audio
·         Video


D. Retorika visual

Image result for rhetoric visual

Retorika Visual adalah bentuk retorika dan komunikasi melalui penggunaan gambar visual, tipografi dan teks. Retorika visual mencakup keterampilan literasi visual dan kemampuan untuk menganalisis gambar untuk bentuk dan artinya. retorika visual memeriksa struktur gambar, dan efek persuasif konsekuen pada audiens dengan Menggambar pada teknik dari semiotika dan analisis retoris

Retorika visual menekankan gambar sebagai ekspresi sensoris dari makna budaya dan kontekstual, yang bertentangan dengan pertimbangan estetika murni.  Retorika visual telah didekati dan diterapkan dalam berbagai bidang akademik termasuk sejarah seni, linguistik, semiotik, studi budaya, komunikasi bisnis dan teknis, komunikasi ucapan, dan retorika klasik. Retorika visual berupaya mengembangkan teori retorika dengan cara yang lebih komprehensif dan inklusif sehubungan dengan gambar dan interpretasinya.  Meskipun penggunaan gambar sebagai bentuk komunikasi bukanlah konsep baru, kemajuan teknologi saat ini telah membuat produksi massal dan distribusi gambar jauh lebih mudah. ​​

SUMBER:


Komentar

Postingan Populer