5 Teknologi Canggih di Masa Mendatang


 Apa itu teknologi? Teknologi adalah sebuah sistem atau alat yang berfungsi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi manusia. Dulu, kalau mau mengirim pesan harus ke kantor pos dulu, sekarang tinggal dikirim dari handphone saja sudah bisa terkirim langsung ke penerima. Jadi kesimpulannya, perkembangan teknologi itu semakin lama semakin canggih dan tidak ada batasnya. Banyak inovasi teknologi di masa yang akan datang. Apakah saja itu? Mari kita bahas.

1.    Teknologi 5G

                                   Image result for teknologi 5g

Generasi pertama, secara retroaktif disebut dengan 1G, sebuah sistem analog penuh untuk mentransmisikan suara. Sangat berbeda dengan pendahulunya, telepon 2G mentransmisikan suara dan data secara digital. Dalam generasi-generasi berikutnya, 3G pada tahun 2000 dan 4G pada tahun 2010, terjadi perbaikan teknis yang meningkatkan kecepatan data dari 200 kilobit per detik menjadi ratusan megabit per detik. Dengan semakin dekatnya tahun 2020, 5G diharapkan akan mampu mentransmisi 1 gigabit data per detik, atau bahkan 10 gigabit.

5G atau Fifth Generation (generasi kelima) adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut generasi kelima sebagai fase berikutnya dari standar telekomunikasi seluler melebih standar 4G. Teknologi generasi kelima ini direncanakan akan resmi diliris untuk sistem operasi seluler pada 2020,

Teknologi 5G belum dapat dipastikan seperti apa keunggulan dan kekurangannya karena saat ini hal itu masih berupa konsep. Tetapi dari konsep-konsep yang diciptakan tersebut, terdapat beberapa konsep yang menjadi tujuan utama dari teknologi 5G, yaitu:
·         Kecepatan data yang lebih signifakan dari 4G.
·         Memiliki transfer data dari satu telepon ke telepon lain dengan kecepatan satu mili detik.
·         Dapat terkoneksi dengan alat seperti telepon, mobil, dan peralatan rumah tangga.

Teknologi 5G diprediksi memiliki kecepatan sekitar 800Gbps, atau seratus kali lebih cepat dari kecepatan generasi sebelumnya. Dengan kecapatan seperti itu, teknologi 5G bisa memungkinkan untuk mengunduh 33 film High Definition hanya dalam beberapa detik.

                                 Image result for teknologi 5g


Selain itu, sistem 5G juga menawarkan kemungkinan menyediakan koneksi yang terpercaya ke sejumlah besar perangkat nirkabel secara bersamaan. Hal ini memungkinkan terjadinya ekspansi besar jumlah penggunaan perangkat sehari-hari yang terkoneksi dengan internet seperti pengawasan nutrisi dalam tanah bagi petani, lokasi paket atau barang kiriman bagi perusahaan ekspedisi dan tanda-tanda vital untuk pasien rumah sakit.

Saat ini, jaringan 5G awal sedang diluncurkan di beberapa kota di Amerika. Olimpiade Tokyo pada 2020 diharapkan menjadi pameran pertama teknologi 5G secara lengkap. Antara sekarang dan nanti –atau bahkan kedepannya– perusahaan yang meluncurkan jaringan 5G akan menerapkan sambil terus mengembangkan teknologi baru ini, sebagaimana yang mereka lakukan pada generasi-generasi sebelumnya.

2.    Self Driving Truck

                                 Image result for self driving truck                                
Melihat truk yang berjalan dengan supir di dalamnya sudah menjadi pemandangan biasa, namun apa jadinya jika truk yang sedang berjalan itu tidak dikendarai oleh supir?

Baru-baru ini perusahaan asal jerman, Daimler, sedang mengerjakan projek barunya yaitu  Mercedes-Benz Truck Future. Truck Future menggunakan empat sensor radar dan dua kamera untuk mengontrol cruise control adaptif, pengereman otomatis, kontrol stabilitas dan sistem bantuan menjaga tetap di jalur. Prototipe ini juga memiliki sistem baru yang disebut "Prediktif Powertrain Control" yang menggunakan jalan informasi topografi untuk memaksimalkan efisiensi.

Hebatnya, Truck Future akan sepenuhnya otonom, meskipun masih tidak memiliki kemampuan untuk berpindah jalur dan menyalip kendaraan sendiri. Namun, Daimler mengatakan bahwa teknologi tersebut akan cepat datang.

Daimler optimis Truck Future dapat mengurangi kemacetan jalan dan kecelakaan lalu lintas fatal. Terobosan ini mungkin bertentangan dengan sopir truk, tetapi Daimler mengatakan teknologi ini benar-benar bisa membantu. Tanpa diganggu dengan tugas biasa mengemudi, sopir truk bisa ditransformasikan menjadi pekerja kantor di atas meja.

Menurut Gubernur Nevada Brian Sandoval dan Ketua Daimler Wolfgang Bernhard, truk otonom ini telah nyata, dan siap digunakan dalam beberapa tahun ke depan. Setidaknya, truk-truk ini akan terlihat di
jalanan Amerika Serikat.

Sementara berdasarkan data The American Trucking Asotiation, jika truk ini benar beroperasi, pada 2050 mendatang volume kargo yang dapat diangkut bisa tiga kali lipat dari saat ini.

3.    Internet of Things

                         Image result for IoT

Dunia ini masih belum terlalu canggih karena banyak sekali hal yang masih dilakukan secara manual. Itu sebabnya banyak aktivitas yang tidak dikerjakan. Alasannya cukup sepele seperti lupa ataupun tidak sempat. Padahal aktivitas tersebut  cukup ringan jika dilakukan, seperti mengunci pintu,dll. Kita sering sekali meninggalkan hal sepele yang berakibat fatal seperti mengunci pintu. Maka dari itu, dibuat lah IoT atau yang dikenal sebagai internet of things

Bicara mengenai Internet of Thing yang biasa disebut dengan IoT tidak ada habisnya karena Internet of Things tidak mempunyai definisi tetap selalu ada saja bahasan entah itu berasal dari suatu keseharian kita hingga benda-benda yang dapt dijadikan perangkat untuk mempermudah aktivitas kita. Namun kita dapat menentukan apakah suatu perangkat merupakan bagian dari IoT atau tidak dengan pertanyaan berikut ini: Apakah produk suatu vendor dapat bekerja dengan produk dari vendor yang lain? Dapatkah suatu kunci pintu dari vendor A berkomunikasi dengan saklar lampu dari vendor B, dan bagaimana jika seorang pengguna ingin memasukkan termostatnya menjadi bagian dari komunikasi tersebut.

Jadi Internet of Thing (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet.

                                       Image result for IoT

Banyak manfaat yang didapatkan dari internet of things. Pekerjaan yang kita lakukan menjadi cepat, mudah, dan efisien. Kita juga bisa mendeteksi pengguna dimanapun ia berada. Sebagai contoh barcode yang tertera pada sebuah produk. Dengan barcode tersebut, bisa dilihat produk mana yang paling banyak terjual dan produk mana yang kurang diminati. Selain itu dengan barcode kita juga bisa memprediksi produk yang stoknya harus ditambah atau dikurangi. Dengan barcode kita tak perlu susah – susah menghitung produk secara manual. Contoh lain saat kita pergi ke Singapore. Jika kita ingin bepergian menggunakan transportasi umum seperti MRT atau bis kita cukup menggunakan atau membeli EZ-link card. EZ-link card biasanya dipakai oleh para wisatawan yang mengunjungi Singapore sebagai pengganti uang untuk membayar jasa transportasi yang telah digunakan. 

Sedangkan warga negara Singapore sendiri menggunakan ktp ataupun kartu pelajar sebagai alat membayarnya. Cara ini lebih efisien dan cepat ketimbang kita menggunakan uang tunai. Jika kita menggunakan uang tunai, kita masih harus mengantri untuk membayar, belum lagi jika kita membayar dengan nilai nominal uang besar, kita harus menunggu untuk mendapatkan uang kembalian kita.


4.    NIRcam

                       Image result for NIRcam

Apa jadinya jika kita mempunyai mesin waktu? Sangat menarik pastinya kan?
Nah, Lockheed Martin dan universitas Arizona sedang membuat super-sensitive Near Infrared Camera atau disingkat NIRCam dengan harapan kedepannya kita akan dapat mengambil gambar di waktu dini hari. NIRCam akan diluncurkan di muka publik di pameran The James Webb Space Telescope pada bulan oktober 2018. Sistem NIRCam bekerja dengan mendeteksi cahaya menggunakan coronagraphs yaitu sebuah alat yang dapat memungkinkan para ahli astronomi untuk mengambil gambar dari objek yang samar-samar yang di sekelilingnya terdapat objek yang terang sehingga NIRCam dapat menciptakan gambar yang cukup detil dari bintang fajar dan galaksi pada saat proses pembentukannya.

Cara kerja coronagraph NIRCam mirip seperti cara kita melindungi mata dari matahari hanya saja tanpa mengharuskan tangan kita terangkat di atas mata kita. Hal tersebut tentu saja membuat pandangan kita lebih fokus pada objek yang dilihat. Melalui spectrometer (filter khusus) kita akan mudah untuk mengerti tentang banyaknya cahaya yang masuk seperti komposisi kimia. Bahkan kita juga dapat melihat bagaimana terbentuknya sebuah awan dari awal pembentukannya yang masih berupa gas. Fenomena tersebut memberikan tambahan informasi bagi dunia science untuk memanfaatkan NIRCam sebagai alat untuk mengetahui bagaimana awal terbentuknya alam semesta.


NIRCam akan membantu kita untuk mengenai unsur atau zat yang gelap dan energi gelap yang mana di masa sekarang ini luput dari teleskop. Selain itu NIRCam juga dapat membantu kita untuk memahami bagaimana prinsip ruang dan waktu bekerja. Waktu bekerja dalam satu arah, namun struktur ruang tidak muncul untuk menjadi jalannya waktu, dalam arti lain ketika waktu berjalan meninggalkan masa lalu maka kita tidak dapat melihat jejaknya. Namun dengan hadirnya NIRCam diharapkan kita semua dapat melihat jejak dari perjalanan waktu, mungkin seperti teropong waktu yang dapat melihat masa lalu kita. Bahkan tidak menutup kemungkinan juga untuk bisa berjelajah dengan mesin waktu.

Kita dapat melihat banyak teknologi canggih dalam film Star Trek dan saya merasa NIRCam adalah salah satu perwujudan dari teknologi yang ditampilkan dalam film tersebut. Data yang diperoleh NIRCam dapat memberikan efek yang cukup besar bagi dunia, tidak hanya bagi kosmologis yang belajar tentang penciptaan alam semesta, namun juga bagi agama dan kepercayaan manusia. Dengan memahami asal-usul alam semesta maka kita akan mudah untuk menjelaskan segala jenis fenomena yang tidak kita ketahui di masa sekarang ini.

5.    Hypersonic Space Travel

                                               Image result for hypersonic space travel teknologi baru

Ide untuk menciptakan hypersonic space travel bukanlah suatu hal yang baru. Istilah tersebut telah muncul sekitar tahun 70-an, dimana para ilmuwan menggadang-gadang akan menciptakan alat tersebut dengan kecepatan lima kali lebih cepat dibandingkan kecepatan suara.

Ada beberapa usaha yang berbau komersil yang siap untuk menciptakan alat hypersonic. Salah satunya yaitu German Project yang tengah mengembangkan Hypersonic SpaceLiner yang dapat digunakan untuk alat transportasi dari Eropa ke Amerika dengan waktu tempuh hanya 90 menit dan dikabarkan sistem tersebut akan siap digunakan pada tahun (2030). Ada juga Lockheed Martin yang sedang mengembangkan sistem yang 20 kali lebih cepat dari kecepatan suara, dengan jarak tempuh lebih dari 15.000 mil per jam sehingga nantinya kita dapat melakukan penerbangan dari UK ke Australia hanya dalam waktu kurang dari satu jam.



SUMBER:
     http://www.hometekno.com/2015/11/teknologi-masa-depan-tercanggih.html
https://idcloudhost.com/mari-mengenal-apa-itu-internet-thing-iot/
https://makinrajin.com/apa-itu-iot/
https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_untuk_Segala
https://theconversation.com/apa-itu-5g-penjelasan-tentang-generasi-nirkabel-yang-akan-datang-97792
https://www.mobilwow.com/berita-lengkap/mercedes-rilis-video-demo-truk-bisa-berjalan-sendiri/3363
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150507101854-199-51774/truk-tanpa-supir-mengaspal-di-jalanan
https://autotekno.sindonews.com/read/880060/120/daimler-hadirkan-truk-yang-dapat-mengemudi-sendiri-1404536089
https://www.viva.co.id/otomotif/mobil/622572-truk-berjalan-sendiri-tanpa-sopir-segera-diperkenalkan


Komentar

Postingan Populer