Lagu yang mengkritik keadaan sosial di indonesia


Masyarakat pada umumnya tidak terlepas dari keadaan sosial yang terjadi dalam kehidupan. ada pula lagu yang mengkritik keadaan sosial di indonesia, contohnya

·        Iwan Fals – Surat buat wakil rakyat
Lagu ini memiliki pesan tersurah untuk para anggota DPR agar memperbaiki kinerja mereka, mereka dipilih oleh rakyat walau rakyat tak tahu sosok sebenarnya yang rakyat pilih, rakyat memilih dengan peraturan yang telah ditetapkan dengan harapan dapat mewakili aspirasi rakyat dan mewujudkannya menjadi nyata bukan lotre yang hanya mengharapkan kebetulan semata. Dan juga pesan agar anggota DPR harus merakyat, mewakili rakyat mencapai tujuan rakyat, bukan hanya untuk hura-hura dan tidur dalam sidang. Memang tidak semua anggota DPR seperti yang digambarkan dalam lagu ini, namun lagu ini untuk merubah anggota DPR yang mempunyai kebiasaan buruk agar berubah dan ingat mereka dipilih untuk mewujudkan tujuan rakyat bukan seperti lotre dan hanya tahu kata-kata "setuju".

·        Iwan Fals – Ambulan Zig Zag
Melalui lagu Ambulance Zigzag, ia menembak langsung praktek diskriminatif di rumah sakit. Di lagu itu menunjukkan bagaimana perilaku dan cara kerja paramedis terhadap dua jenis pasien: kaya dan miskin. Ketika pasien kaya yang datang, yakni seorang nyonya kaya yang pingsang karena mendengar berita kecelakaan anaknya, paramedis langsung bekerja cepat. Tak hanya itu, si pasien yang bergelimang perhiasan itu langsung dimasukkan ke ruang periksa.

Namun, respon paramedis begitu berbeda ketika yang datang hanya pasien berkain sarung. Di sini sarung mewakili identitas kaum miskin atau kaum termarginalkan. Ironisnya, lantaran si pasien berdandan orang miskin, para suster malah menodong dengan pertanyaan tentang korban dan biaya pengobatan. Bukan memberikan pertolongan darurat. Lantas, karena karena tak punya uang, si pasien yang seluruh badannya melepuh ini justru menunggu di luar.

·        Slank – Krisis Air
Lagu ini mengkritik tentang kotor nya sungai di indonesia akibat limbah dan sampah yang dibuang di sembarang tempat. Kita harus menjaga kebersihan sungai kita untuk generasi berikutnya 

Komentar

Postingan Populer