Macam Macam Cinta



Manusia adalah makhluk yang memiliki perasaan yang mana perasaan tersebut tumbuh dari dasar hati seseorang dan dapat dinamakan cinta atau kasih sayang  . Manusia juga makhluk yang disebut "the creature perfect" manusia adalah makhluk sempurna yang diciptakan maha kuasa dengan sempurna karena mempunyai akal pikiran dan cinta kasih.Cinta dapat diartikan sebagai rasa sangat suka atau sayang (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan .  Dengan demikian cinta kasih dapat diatikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.Cinta kasih juga dapat diartikan sebagai perasaan kasih sayang, kemesraan, belas kasihan dan pengabdian yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab.Tanggung jawab artinya akibat yang baik, positif, berguna, saling menguntungkan, menciptakan keserasian, keseimbangan, dan kebahagiaan.

Cinta adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya. Bisa dialami semua makhluk. Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa. Perkataan sentiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda.

Hakikat cinta yang sebenarnya ialah ketika cinta dapat membawa seseorang ke dalam taman syurga, tanpa harus melupakan segalanya. Kita boleh saja mencintai sesuatu dan bahagia karenanya, lantas jangan karena cinta yang begitu besar, membuat kita lupa akan hal lainnya. Cinta yang sejati, ialah cinta yang disandarkan kepada Allah SWT Sang Pemilik Cinta Sejati. Dengan demikian, akan terbentuklah segenap cinta rasionalis, cinta yang tidak membabi buta yang menyebabkan kita buta karenanya.



Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan sebagai berikut

1. Cinta kepada Allah

Cinta kepada Allah merupakan puncak cinta manusia. Hal tersebut dapat mendorong seorang manusia untuk menuju jalan yang baik dan benar, ibadah bukan lagi suatu kewajiban tapi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi agar senantiasa cinta kepada Allah tidak akan pudar.

2. Cinta kepada Orang Tua

Cinta orang tua terhadap anaknya begitu besar dan tulus. Sebagai anak kita harus menuruti apa perkataan orang tua, sebab cinta mereka kepada sang anak begitu ikhlas tanpa meinta pamrih dan kita pun tidak akan tau seberapa besarnya cinta orang tua kepada anak sebelum kita menjadi orang tua

3. Cinta kepada Diri Sendiri

Cinta kepada diri sendiri disebut narsisme atau perasaan cinta terhadap diri sendiri yang berlebihan. Narsisisme memiliki sebuah peranan yang sehat dalam artian membiasakan seseorang untuk berhenti bergantung pada standar dan prestasi orang lain demi membuat dirinya bahagia. Namun jika berlebihan dapat menyebabkan kelianan, kelainan kepribadian atau bisa disebut juga penyimpangan kepribadian merupakan istilah umum untuk jenis penyakit mental seseorang, dimana pada kondisi tersebut cara berpikir, cara memahami situasi dan kemampuan berhubungan dengan orang lain tidak berfungsi normal. Kondisi itu membuat seseorang memiliki sifat yang menyebabkannya merasa dan berperilaku dengan cara-cara yang menyedihkan, membatasi kemampuannya untuk dapat berperan dalam suatu hubungan. Seseorang yang narsis biasanya memiliki rasa percaya diri yang sangat kuat, namun apabila narsisme yang dimilikinya sudah mengarah pada kelainan yang bersifat patologis, maka rasa percaya diri yang kuat tersebut dapat digolongkan sebagai bentuk rasa percaya diri yang tidak sehat, karena hanya memandang dirinya lah yang paling hebat dari orang lain tanpa bisa menghargai orang lain.

4. Cinta kepada sesama makhluk hidup

Kita diciptakan untuk saling menyayangi sesame makhluk ciptaan Tuhan seperti tanaman dan tumbuhan sebab diantara makhluk ciptaan Tuhan yang lain saling bergantung satu sama lain. Makhluk ciptaan Tuhan yang lain juga diciptakan untuk melestarikan lingkungan, kita sebagai manusia tidak semestinya untuk membuat punah makhluk ciptaan Tuhan yang lain sebab dapat membuat kerusakan pada lingkungan.


5.  Cinta kepada Bangsa dan Negara

Sebagai warga Negara kita harus mencintai tanah air tempat dimana kita di lahirkan dan di besarkan. Kita harus mentaati peraturan yang dibuat oleh negara sebagaimana mestinya, peraturan dibuat bukan untuk dilanggar tetapi dipatuhi, selain itu kita juga harus wajib membayar pajak sebagai wujud cinta kita terhadap tanah air. Lihat apa yang kita lakukan untuk negara, bukan apa yang negara lakukan untuk kita.

Menurut Erich Frimm, ada lima syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:

·        Perasaan
·        Pengenalan
·        Tanggung jawab
·        Perhatian

·        Saling menghormati



  REFERENSI
  http://www.academia.edu/23327795/Kemanusiaan_dan_Cinta_sebagai_Pembentuk_Karakter
  





Komentar

Postingan Populer