Pernikahan di Indonesia
Pernikahan di indonesia
Pernikahan adalah upacara
pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan
maksud meresmikan ikatan perkawinan secara norma agama, norma hukum, dan norma
sosial. Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi
suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial. Penggunaan adat atau aturan
tertentu kadang-kadang berkaitan dengan aturan atau hukum agama tertentu pula.
Pengesahan secara hukum
suatu pernikahan biasanya terjadi pada saat dokumen tertulis yang mencatatkan
pernikahan ditanda-tangani. Upacara pernikahan sendiri biasanya merupakan acara
yang dilangsungkan untuk melakukan upacara berdasarkan adat-istiadat yang
berlaku, dan kesempatan untuk merayakannya bersama teman dan keluarga. Wanita
dan pria yang sedang melangsungkan pernikahan dinamakan pengantin, dan setelah
upacaranya selesai kemudian mereka dinamakan suami dan istri dalam ikatan
perkawinan. Didalam pernikahan biasanya terdapat hal penting seperti upacara
pernikahan, mas kawin, dan adat pernikahan
A.
Upacara pernikahan
Upacara pernikahan adalah
upacara adat yang diselenggarakan dalam rangka menyambut peristiwa pernikahan.
Pernikahan sebagai peristiwa penting bagi manusia, dirasa perlu disakralkan dan
dikenang sehingga perlu ada upacaranya. Di Indonesia upacara pernikahan
dilakukan dengan dua cara, tradisional dan modern. Ada kalanya pengantin
menggunakan kedua cara tersebut, biasanya dalam dua upacara terpisah.
1.
Upacara tradisional
Upacara
pernikahan secara tradisional dilakukan menurut aturan-aturan adat setempat.
Indonesia memiliki banyak sekali suku yang masing-masing memiliki tradisi
upacara pernikahan sendiri. Dalam suatu pernikahan campuran, pengantin biasanya
memilih salah satu adat, atau adakalanya pula kedua adat itu dipergunakan dalam
acara yang terpisah.
2.
Upacara modern
Upacara pernikahan modern
dilakukan dengan mengikuti aturan-aturan dari luar negeri. Biasanya gaya yang
dipakai adalah gaya Eropa. Pernikahan yang dilakukan dengan aturan Islam
mungkin dapat juga dimasukkan ke dalam kategori upacara pernikahan modern.
B.
Mas kawin
Sebelum
acara pernikahan dilangsungkan pihak yang melamar biasanya menyerahkan sejumlah
mas kawin yang bentuk dan besarnya sudah disetujui terlebih dahulu. Mas kawin
dapat berbentuk uang dalam jumlah tertentu, perhiasan, perlengkapan sembahyang
(biasanya dalam pernikahan Islam), atau gabungan dari semuanya.
C.
Adat pernikahan
di indonesia
Adat jawa barat
NGARAS
Ngaras
adalah kegiatan mencuci kaki orangtua. Ngaras dilakukan dalam perkawinan adat
Sunda gaya Sukapura. Ngaras dilakukan sebagai ungkapan rasa hormat anak kepada
ayah dan ibu agar mendapatkan barokah (berkah) dan restu lahir batin dari kedua
orangtuanya. Sehingga dapat hidup rukun, damai dan bahagia seperti halnya yang
dijalani orangtua mereka.
SIRAMAN
Setelah
selesai acara ngaras, maka calon mempelai masuk kembali ke kamar pengantin.
Kemudian keluar lagi, sudah dengan pakaian khusus yang dibimbing ayah dan ibu
menuju tempat siraman. Kemudian calon pengantin didudukkan. Sebelum siraman
dilakukan, calon mempelai diazankan terlebih dahuhu. Baru kemudian dilakukan
penyiraman yang berlangsung selama sekitar 30 menit. Makna disuarakan azan
adalah sebagai pengingat bahwa pernikahan merupakan suatu peristiwa penting
yang sama halnya dengan kelahiran dan kematian. Azan juga dimaksudkan sebagai
bekal agar tidak lupa akan masa yang akan datang dan mengingatkan bahwa pada
saatnya nanti, manusia akan berpulang. Sementara siraman memiliki makna yaitu
menyucikan diri, lahir batin menjelang pernikahan yang akan dilakukan atas
dasar niat baik. Air siraman, berupa air putih yang diberi bunga 7 rupa,
termasuk bunga mawar, melati, cempaka dan potongan daun pandan. Untuk busana
dan riasan, umumnya sederhana. Pakaian berupa kain panjang atau kemben. Bila
ingin terlihat lebih mewah dapat ditambahkan rompi dari bunga melati. Acara siraman
diiringi dengan musik kecapi dan tembang-tembang Sunda selama 10-30 menit.
SESERAHAN
Usai
upacara siraman, upacara dilanjutkan dengan upacara seserahan yaitu upacara
pranikah yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari upacara lamaran. Proses
upacara seserahan dimulai dari mempelai wanita dan keluarganya bersiap-siap
menanti kedatangan calon mempelai pria. Makna utama seserahan adalah
menyerahkan calon mempelai pria kepada keluarga calon mempelai wanita.
"Bukan hanya menyerahkan barang, Barang hanya sebagai sambilan saja,"
ujar Mang Rachmat. Ketika calon mempelai pria dan rombongan datang, wakil dari
keluarga calon perempuan siap menyambut dan mempersilakan rombongan menempati
tempat yang telah disediakan. Penuntun acara adat mempersilakan juru bicara keluarga
calon mempelai pria mengutarakan maksud kedatangannya. Selanjutnya, penuntun
acara adat akan meminta juru bicara calon mempelai wanita untuk memberi
jawaban.
NGEUYEUK SEUREUH
Ngeuyeuk
Seureuh adalah peragaan mengenai bagaimana menjalani hidup berumah tangga lewat
berbagai barang perlengkapan ngeuyeuk seureuh yang dibawa ketika upacara
seserahan dan terhampar di hadapan mempelai dan orang tua. Acara ini Ngeyeuk
Seureuh dibimbing oleh kokolot upacara dan diiringi tembang Sunda dengan
dihadiri oleh kedua keluarga atau undangan. Perlengkapan ngeuyeuk seureuh
terdiri dari minimal 25 macam barang yang ditutup dengan kain putih. Pada acara
ngeuyeuk seureuh juga dijelaskan arti barang-barang yang diselimuti kain putih
ini lewat tembang-tembang Sunda yang diiringi instrumen kecapi. Acara penutup
ini berlangsung selama lebih kurang satu jam. Beberapa contoh kegiatan dalam
prosesi ngeuyeuk seureuh adalah:
a.
Disawer beras, artinya agar pasangan mempelai hidup sejahtera
b.
Dikeprak (dipukul) dengan sapu lidi, yang disertai dengan nasihat agar mempelai
harus saling memupuk kasih sayang dan giat bekerja.
c.
Membuka kain putih penutup pengeuyeuk, melambangkan rumah tangga yang akan
dibina oleh mempelai masih bersih dan belum ternoda.
d.
Membelah mayang jambe dan buah pinang (oleh calon pengantin pria), yang
memiliki makna agar keduanya saling mengasihi dan dapat menyesuaikan diri.
e.
Berebut uang di bawah tikar sambil disawer, melambangkan berlomba mencari
rezeki dan disayang keluarga.
SABDA NIKAH DAN MAKNANYA
Setelah
akad nikah selesai, acara dilanjutkan dengan serangkaian upacara sabda nikah
yang dilakukan untuk memeriahkan pesta pernikahan. Upacara ini dilakukan
setelah pasangan pengantin resmi menjadi suami istri dan merupakan puncak dari
prosesi upacara pernikahan adat Sunda. Upacara sabda nikah meliputi:
* Sembah sungkem
Prosesi
sembah sungkem sebenarnya mirip dengan prosesi ngaras. Perbedaannya, ngaras
dilakukan seorang calon mempelai pengantin, sedangkan pada acara sembah sungkem
kedua mempelai yang sudah resmi menikah melakukannya bersama-sama di hadapan
kedua orangtua.
* Melepas burung merpati
Setelah
melakukan sembah sungkem, mempelai diajak keluar rumah. Kemudian ibu mertua
dari mempelai pria mengambil merpati jantan dan ibu dari mempelai wanita
mengambil merpati betina yang sudah disiapkan sebelumnya. Kemudian merpati
tersebut dilepaskan ke angkasa.
* Sawer pengantin
Sawer
pengantin adalah nasihat berupa tembang dan nyanyian kepada kedua mempelai.
Sebelum melakukan sawer pengantin, biasanya penuntun acara adat sudah
menjelaskan "aturan mainnya" terlebih dahulu kepada pasangan
pengantin. Pada saat sawer pengantin, orangtua memiliki kesempatan terakhir
untuk memberikan nasihat sebelum menyerahkan pengantin perempuan kepada
suaminya. Alat-alat yang diperlukan biasanya berupa payung besar, bokor berisi
uang emas, uang logam, kunyit yang diiris-iris dan permen.
* Menginjak telur dan mencuci kaki
Ritual
menginjak telur dan mencuci kaki melambangkan keturunan. Bila dalam acara
tersebut telur yang diinjak pecah, pengantin akan segera memperoleh keturunan.
Sementara mencuci kaki adalah melambangkan penyucian diri dari berbagai hal
negatif.
* Membakar harupat (lidi) dan memecah kendi
Harupat
harus dibakar sampai menyala dan ditiup bersama-sama. Melalui ritual membakar
harupat, diharapkan kedua mempelai mau saling mengalah. Sementara ritual
memecahkan kendi bermakna bahwa keduanya harus bekerja sama untuk mencapai
tujuan.
* Buka pintu
Buka
pintu memiliki makna penting khususnya dalam kehidupan bertetangga. Sebelum
bergaul dengan tetangga, kita tentu harus membuka pintu terlebih dahulu agar
diterima sebagai bagian dari lingkungan kita.
* Huap lingklung
Huap
Lingklung dan huap deudeuh (kasih sayang). Artinya, kedua pengantin disuapi
oleh kedua orangtuanya masing-masing sebagai tanda kasih sayang dari orangtua
yang terakhir kali. Kemudian masing-masing mempelai saling menyuapi sebagai
tanda kasih sayang. Acara huap lingklung diakhiri dengan saling menarik bakakak
(ayam utuh yang telah dibakar). Mempelai yang mendapatkan bagian terbesar konon
akan mendapatkan banyak rezeki.
PENYAMBUTAN TAMU AGUNG
Setelah
rangkaian upacara adat selesai, acara dilanjutkan dengan penyambutan tamu agung
yang dapat dilakukan di rumah maupun di gedung. Kedua mempelai beserta keluarga
di pintu gedung sudah siap disambut oleh mang lengser, enam penari tabur bunga,
enam orang penari umbul-umbul, sepasang penari persembahan, dua orang pembawa
kujang, dan seorang pembawa payung kuning. Pada saat para penari menari,
penuntun acara adat menceritakan hal-hal baik dari kedua mempelai berdasarkan
hasil mewawancarai mereka sebelumnya. Biasanya pengantin cenderung bahagia
mendengarkan ini. Saat kedua mempelai dan kedua orangtua naik pelaminan,
keluarga pengiring berbelok menuju tempat yang telah tersedia. Kemudian masuk
tari khusus persembahan oleh penari pasangan (apa maksudnya: kemudian masuk
sepasang penari menarikan tarian khusus persempahan? Atau kemudian masuk
sepasang penari menarikan tarian khusus sebagai persembahan bagi kedua
mempelai?). Mertua wanita dipersilakan menyerahkan buket bunga kepada menantu
wanita. Sedangkan mertua laki-laki dipersilakan memasangkan keris kepada
menantu laki-laki. Setelah penyambutan tamu agung selesai, acara dilanjutkan
dengan sambutan atas nama kedua keluarga dan ditutup dengan doa. Selanjutnya,
penuntun acara akan mempersilakan para tamu yang datang untuk memberikan ucapan
selamat dan acara resepsi (hiburan dan makan malam) dilanjutkan.
Sumber
Komentar
Posting Komentar